Senin, 22 Juni 2009

Jangan menyerah keep action



Stop dreaming start action. Kata-kata itulah yang selalu menjadi inspirasi saya dalam bertindak. Baik pada waktu terpuruk hingga kemudian bangkit lagi. Ada sebuah cerita menarik seorang pembuat miniatur pesawar terbang. Dia adalah pembuat miniatur pesawat yang sangat sukses sekarang ini.

Bahkan omset penjualanya hingga mencapai Negara-negara eropa bahkan amerika. Anda pasti akan terkejut karena ia bisa sukses dengan cara yang sangat unik. Dia berpikir bagaimana caranya agar perusahaan penerbangan luar negeri dapat melirik usaha dan membeli apa yang ia buat.

Hingga kemudian ia membuat puluhan brosur tentang jasa pembuatan miniatur pesawat terbang. Brosur itupun dititipkan kepada setiap penumpang bandara yang hendak pergi ke luar negeri. Dia berkata, “Saya minta tolong titip brosur ini, setelah bapak sampai di bandara luar negeri tolong taruh brosur ini di bandara tersebut terserah mau di tempatkan dimana, dibuang di tempat sampah disana juga tidak apa-apa”.

Nah dari sinilah awal mulanya, ia menekuni penyebaran brosur ini ke setiap penumpang-penumpang yang hendak pergi ke luar negeri. Setelah sekian bulan akhirnya ada sebuah perusahaan yang tertarik untuk membeli jasanya, entah tahu dari mana perusahaan itu, mungkin bisa saja dari brosur yang dibuang di tempat sampah bandara luar negeri.

Ia pun dihubungi oleh perusahaan itu melalui fax, tentu dengan menggunakan bahasa inggris. Nah, ia pun bingung dengan kata-kata itu. Akhirnya setiap ada Fax masuk ia pun langsung berlari kencang menuju ke seorang guru tetangga dekatnya, karena ia memang tidak pandai berbahasa inggris, tetapi ia tidak menyerah. Usaha ini terus berjalan dengan orderan dari beberapa perusahaan penerbangan.

Suatu saat ia pernah dihubungi oleh perusahaan penerbangan dari Negara belanda, setelah dilakukan kontak dan perusahaan itu tahu bahwa usaha yang dilakukan oleh bapak ini termasuk golongan kecil, hingga perusahaan itu pun membatalkan pembelian. Tetapi ia tidak patah semangat, ia tekuni perusahaan-perusahaan lain dengan kualitas pesawat buatanya. Hingga ia mempunyai banyak karyawan dan dapat membuat tempat khusus untuk berdirinya usaha ini yang semakin besar.

Dari cerita diatas, bapak ini tidak pernah menyerah, walaupun pasar lokal yang kecil tetapi ia pun mempunyai ide untuk memasarkanya ke luar negeri dengan sebuah brosur yang dititipkan, bahkan dengan harga 100 rupiah per lembarnya tetapi hasilnya bisa mencapai jutaan rupiah.

Bahkan tidak sampai disitu saja, ketika ia tidak bisa berbahasa inggris, ia pun berusaha, lari secepat-cepatnya ke rumah tetangga dia yang seorang guru bahasa inggris. Ia pun juga pernah ditolak oleh perusahaan penerbangan belanda yang menilai usahanya terlalu kecil dan meragukan, tetapi ia menepisnya dengan memberikan kualitas bermutu pada perusahaan penerbangan negara lain.

Tahukan anda apa kunci kesuksesan yang ia lakukan selama ini? Jawabanya, selalu melihat potensi, selalu melihat kesempatan, jika ada, segeralah bertindak, segeralah untuk action. Bagaimana jika kesempatan itu tidak ada? Maka jawabanya adalah carilah kesempatan itu, ada sebuah kata-kata yang biasanya pernah kita dengar.

Mengambil kesempatan di balik kesempitan, itulah ciri-ciri orang yang sukses. Ingat disini bukan berarti sebuah kesempitan yang dialami oleh orang lain dan kita memanfaatkan hal itu, tetapi kesempitan disini adalah kesempitan jalan menuju sebuah tujuan. Ketika jalan anda sempit maka carilah celah celah yang bisa anda masuki, walaupun celah itu sangat-sangat kecil.

Seperti yang telah dijelaskan oleh saya di artikel sebelumnya tentang action. Bahwa tanpa action anda tidak akan pernah sukses. Hal ini diperkuat oleh Pak joko yang mengatakan, begitu anda ACTION bukan berarti anda dijamin berhasil, namun satu-satunya cara untuk gagal adalah NO ACTION. Tanpa ACTION dijamin sudah pasti anda tak akan pernah berhasil mencapai apa yang anda inginkan.

Sekali lagi STOP DREAMING START ACTION dan bangunlah kesuksesan di pikiran anda. Sudahkan anda melakukanya?

5 komentar:

  1. imagenya provokatif banget. kalo ada yang menuruti saran itu bagaimana hayooo .......

    BalasHapus
  2. @Bang Dje
    hehe...maaf mas, sudah saya ganti imagenya.trim's ya sudah komentar.^_^

    BalasHapus
  3. Dengan segala kerendahan hati saya memberikan award kepada Anda pada 30 Juni 2009. Silahkan diperiksa dan diteruskan. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. ikutan kontes juga ya?

    sebenarnya saya juga mau ikutan
    tapi ga tau caranya

    BalasHapus